Near Field Communication, atau NFC taukah kalian gunanya fitur tersebut? Kenapa fitur ini biasa hanya bisa di nikmati oleh smartphone dalam kategori flagship? Yuk kita bahas.

NFC sesuai dengan namanya, near field communication digunakan untuk berkomunikasi jarak pendek dengan peralatan yang kompatibel.

NFC memiliki 2 tipe pasif dan aktif, untuk yang pasif biasanya ditemukan di kartu akses kantor, smart parker card, e-money card ( mandiri, flazz, brizzi, dll ), kartu kredit dan banyak lainnya. Untuk yang aktif, alat tersebut dapat menerima dan mengirimkan signal, biasa terdapat pada perangkat seperti smartphone, pembaca kartu akses di kantor, gerbang toll, MRT dan lainnya.

Lalu gimana sih cara kerjanya? NFC itu radio signal juga, jadi mirip sekali dengan fungsi Bluetooth dan Wifi. Satu hal yang mebedakan dengan Wifi dan Bluetooth, NFC bisa mengeluarkan gelombang electromaknetik untuk membaca NFC yang bersifat pasif seperti kartu kartu kalian. Jadi NFC Aktif bisa membaca kartu kartu pasif dan kartu RFID juga, ya itu kartu akses masuk kantor kalian, ataupun emoney buat bayar toll.

image source: quicsolv.com

Gambar diatas ini adalah cara kerja NFC, dimana mengeluarkan gelombang elektromaknetik untuk membaca RFID atau NFC lainnya.

Cukup yuk soal teknisnya, sekarang apasih kegunaan NFC dan perlu ngak sih kalian membeli handphone yang ada NFCnya?

 

Tonton demo penggunaan NFC, baik dari menggunakan untuk Topup, Cek Saldo, Dan menghubungkan perangkat.

 

1. Top Up E-Money Card ataupun kartu lainnya.

Dengan NFC kalian bisa melakukan isi ulang kartu E-Money dengan mudah, karena aplikasi (tokopedia/mandiri online) dapat mengakses NFC dan membaca serial number dari Kartu E-Money tersebut, sehingga memungkinkan kalian top up dengan mudah ke kartu tersebut.

Baca cara topup e-money di iPhone dan Android disini.

1.1 Membaca Informasi pada kartu atau tag NFC pasif.

Selain bisa melakukan isi ulang, kalian juga pastinya bisa mengecek informasi yang ada didalam kartu tersebut, misalnya Saldo sisa, informasi mutasi, informasi histori perjalanan jika di kartu kereta dan banyak lainnya.

2. Emulasi

NFC bisa melakukan emulasi signal signal kartu contactless, misalnya kalian malas membawa kartu akses kantor, kalian dapat menggunakan handphone yang memiliki NFC untuk menggantikan kartu akses kantor tersebut, pastinya kantor tersebut harus punya aplikasi NFC emulasi tersebut ya.

Selain kartu akses kantor, banyak sekali kartu kartu yang bisa di emulasikan, misalnya kartu kredit, debit ataupun lainnya, seperti Apple Pay, Samsung Pay, Google Pay dan lainnya.

3. Easy Pairing

Sesama perangkat yang memiliki NFC dapat melakukan otentikasi dengan mudah sehingga memudahkan perangkat terhubung dengan cepat, misalnya Bluetooth speaker yang memiliki fitur NFC, jadi kalian tinggal perlu menempelkan Handphone NFC kalian dan secara otomatis Bluetooth yang tadinya mati akan menyala dan langsung terhubung ke bluetooth speaker tersebut.

Tidak hanya speaker semua yang ada NFC bisa dihubungkan dengan cepat, misalnya Kamera, Head Unit Mobil, Headphone, Printer, dan Lainnya.

4. Android Beam

image source: joyofandroid.com

Jika sesama perangkat handphone memiliki NFC, kalian cukup menempelkan handphone kalian dan nantinya gambar, video ataupun musik dapat di transfer dengan cepat, tanpa perlu pairing bluetooth ataupun lainnya. Tetapi ingat ini sesuai dengan konteks aplikasinya, jika kalian membuka foto, dan menempelkan ke handphone lainnya, maka seharusnya foto yang kalian sedang buka akan segera dikirimkan ke perangkat tersebut.

 

Nah sekarang, perlu kah kalian membeli perangkat yang memiliki NFC? Jawabannya tidak perlu dalam konteks tertentu.

Beli handphone NFC jika kalian ingin:

  1. Top Up E-Money card sendiri tanpa perlu ke Indomaret atau gerai lainnya.
  2. Sering melakukan travel ke luar negri seperti jepang, china, korea, dan negara yang banyak menggunakan kereta/mrt/lrt.
  3. Memiliki berbagai perangkat yang kompatifbel dengan NFC dan ingin pairing dengan mudah.

Menurut saya 3 alasan ini yang paling relevan untuk dipertimbangkan jika ingin membeli handphone dengan NFC.

 

Lalu jika kalian sudah memiliki handphone dengan NFC, tapi belum pernah menikmati NFC easy pair, berarti gadget berikutnya yang kalian beli pastikan memiliki fitur NFC yang biasanya ditunjukan dengan simbol NFC seperti ini.

Jadi? Perlukah kalian memiliki fitur NFC?