Airpods adalah earphone true wireless yang dikeluarkan oleh Apple. Sekarang memiliki generasi ke-2.  Apa saja sih yang ditawarkan dari generasi ke-2 ini? Mari kita telusuri dengan singkat.

Jika dilihat dari “kulitnya” Anda tidak akan bisa membedakan AirPods 1 ataupun 2, dikarenakan bentuknya yang sama persis, tetapi Airpods gen-2 ini memiliki suara yang lebih kencang jika dibandingkan Airpods gen-1, lalu chip prosesor yang telah di upgrade dari W1 menjadi H1 chip memiliki performa kestabilan koneksi lebih baik dan audio delay lebih kecil hingga 30% dibandingkan generasi-1 sehingga memungkinkan untuk digunakan bermain game simpel.

Dicoba dengan game musikal / rhytemic deemo, dimana delay suara oleh Airpods Gen-2 ini masih bisa ditoleransi sehingga tidak merusak permainan.

Untuk kualitas suara, Airpods generasi-2 ini memiliki suara yang cukup natural, dimana tidak ada penekanan pada bass ataupun treble, sehingga sangat cocok untuk semua orang. Kekurangannya jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya adalah isolasi suara, dikarenakan Airpods adalah jenis Earbuds fitting, dimana Airpods hanya menempel pada telinga bagian luar. Berbeda dengan tipe In-Ear Canal / In-Ear Monitoring, dimana earphone akan masuk ke kanal telinga untuk memberikan isolasi suara yang lebih baik.

Earbuds-Fitting-vs-IEC/IEM

 

Lalu baterai yang telah di upgrade, menawarkan daya tahan yang 1 sampai 2 jam lebih panjang dibandingkan generasi-1. Lalu juga tersedia casing wireless charging yang opsional.

Kenapa harus Airpods? Airpods adalah salah satu true wireless earphone dengan kestabilan koneksi terbaik untuk perangkat iOS, maupun Android dan Windows. Pairing bluetooth yang mudah, terutama pada perangkat iOS. Walaupun begitu apple tidak melupakan perangkat lainnya, dikarenakan Airpods ini juga berfungsi sangat baik untuk perangkat Android dan Windows. Walaupun harus pairing manual, tetapi pairing manual Airpods ini fool proof, sangatlah mudah dan jarang sekali terjadi kegagalan koneksi.

Demo dan Tutorial video pairing iOS dan Android [ durasi video < 40 detik ]

 

Kesimpulan

Airpods tetaplah true wireless terbaik untuk pengguna pada umumnya, ya iOS dan Android dikarenakan H1 chip yang membuat proses pairing sangat mudah dan anti-error, cocok untuk orang yang mementingkan kemudahan, untuk kualitas suaranya sendiri Airpods memiliki suara ciri khas Apple Earpods, dimana bisa dibilang standar dan fungsional. Sehingga Airpods menjadi opsi yang baik untuk semua orang.

Untuk yang membutuhkan seri Airpods yang memiliki isolasi suara yang lebih baik dan noise canceling bisa beralih ke AirPods Pro, tetapi sebelum itu kalian sebaiknya membaca review Airpods Pro, dimana Airpods Pro saya tidak bisa merekomendasikan untuk semua orang.

Produk terkait :
https://www.apple.com/id/airpods/

Artikel Terkait :

Review AirPods Pro

Tipe Tipe Umum Headphone, Earphone, dan Earbuds

Fungsi Late Night EQ pada iOS